Home » life style » Blog Meluas ke Facebook dan Twitter

Blog Meluas ke Facebook dan Twitter

Hari Blogger Nasional ke-3

Selasa, 27 Oktober 2009 – 10:12 wib

Rachmatunnisa – Okezone

 

Definisi blog kini lebih fleksibel (Foto: worldbank.org)
JAKARTA – Sejak diresmikan pada 2007, hari blogger nasional yang jatuh pada 27 Oktober tahun ini telah memasuki tahun ketiga.

 

Secara kuantitas, jumlah blogger di Indonesia kian bertambah. Bapak blogger nasional Enda Nasution menyebutkan perkiraan jumlah blogger di Indonesia saat ini ada sekira 1 juta blogger. Jumlah ini meningkat dua kali lipat dari sebelumnya 500.000 blogger. Itu sebabnya, Enda optimis memperkirakan tahun depan jumlah blogger terus bertambah hingga sekira 2 juta orang.

“Indikatornya adalah, semakin banyak bermunculan komunitas-komunitas blogger baru di daerah. Tak hanya berkembang dari segi kuantitas saja, ragam dan kualitas tulisan pun terus berkembang seiring dengan bertambahnya pengalaman menulis para blogger,” kata Enda saat dihubungi Okezone, Selasa (27/10/2009).

Menurut Enda, definisi blogger kini lebih fleksibel. Dulu, blogger diartikan sebagai orang yang murni menulis lewat blog. Namun kini, definisi itu bisa lebih luas karena banyak juga orang yang menulis melalui note Facebook ataupun Twitter.

Enda memiliki pendapatnya sendiri terkait rumor yang menyebutkan tren menulis di blog meredup karena tergerus kepopuleran Facebook dan Twitter.

“Dengan perkembangan teknologi perangkat mobile dan pertumbuhan pengguna situs jejaring, kini orang bisa menulis dimana saja melalui berbagai media, termasuk lewat Facebook dan Twitter. Namun tren sekarang biasanya, orang awalnya akan menulis melalui Facebook atau Twitter. Ketika dia ingin membuat tulisan yang lebih dalam dan semakin haus akan menulis, maka kemudian dia akan menulis di blog,” kata Enda.

Enda menyebutkan bahwa menulis di blog punya kelebihan dan menawarkan keasyikan menulis yang nyata. Pernyataan ini bukan lantas melarang orang untuk menulis di media lain selain blog. Namun karena blog memang media yang dirancang khusus untuk mempublikasikan tulisan, maka sebaiknya tulisan-tulisan di Facebook pun diarsipkan juga ke blog. Dengan demikian, tulisan tersebut dapat dengan mudah ditemukan oleh orang lain melalui mesin pencarian.

Pada hari blogger nasional ketiga ini, Enda pun mengemukakan harapannya untuk para blogger. Dia berharap para blogger memiliki kesadaran dan tanggung jawab terhadap tulisan yang di postingnya dan memegang etika menulis di blog.

“Blogger akan memiliki nilai tambah jika memposting dan menyebarluaskan tulisan yang bersifat informatif, edukatif dan bermanfaat bagi pembaca. Beranjak dari itu, blogger diharapkan memiliki tindakan nyata. Bermula dari ide yang dituangkan ke dalam tulisan, mereka juga diharapkan bisa mewujudkannya dalam bentuk kegiatan nyata yang bermanfaat bagi masyarakat,” tandas Enda. (rah)

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terikini lewat http://m.okezone.com


Dapatkan okezone launcher untuk BlackBerry http://bb.okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Bookmark and Share

Categories

Archives

GeoCounter

Blog Stats

  • 101,160 hits

Biorhythm Calculator

BIZ information

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 142 other followers

%d bloggers like this: