Home » information technology » ERP terapkan model bisnis baru

ERP terapkan model bisnis baru

Kamis, 01/10/2009

JAKARTA: Konsultan enterprise resource planning (ERP) akan menerapkan model bisnis baru pada 2010 sebagai bagian dari strategi untuk fokus melayani usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia.

Sjafril Effendi, Direktur PT Metrodata Electronics Tbk-mitra konsultan vendor ERP, mengatakan mulai Januari 2010 konsep baru, layanan sewa software atau SaaS (software as a service) ERP sudah bisa diluncurkan.

“Januari, infrastruktur pusatnya [di Jakarta] sudah siap, begitu satu-dua UKM sudah mulai dengan konsep ini, maka akan diikuti UKM lainnya,” ujarnya di sela-sela SAP’s Customer Success Story kemarin.

Sjafril mengatakan dalam konsep itu Metrodata mencoba mengajak SAP, prinsipal ERP Jerman yang sudah kuat dalam brand dan reputasi dalam software proses bisnis untuk bergabung dan memberikan dukungan.

Toni Djunaidi, Channel Manager SAP Indonesia, menambahkan pihaknya memiliki konsep SAP Business by Design yaitu desain menyediakan layanan penyewaan software.

“Di konsep ini UKM tidak perlu memiliki aplikasi di lingkungannya sendiri tetapi cukup menyewa. Ini kami rilis di negara tertentu mempertimbangkan kesiapan infrastruktur dan perusahaan yang dinilai memiliki kemampuan menjadi penyedia alih daya [host],” katanya.

Sjafril mengatakan dukungan SAP akan membuat perusahaan merasa aman dan percaya dengan konsep baru yang memungkinkan efisiensi dan keterjangkauan itu.

“UKM tidak perlu mempunyai sistem payroll, ERP, customer relationship management [CRM] sendiri, membayar lisensi, tenaga teknologi informasi serta server sendiri,” paparnya.

Metrodata menjadi mitra SAP sejak 2004, telah mengimplementasi ERP di lebih dari 30 perusahaan. “Kami menargetkan setiap bulan dapat menangani dua pelanggan,” ujarnya.

SAP kemarin resmi menjaring 250 pelanggan UKM yang mengimplementasi ERP yang dikenal sebagai SAP Business One yaitu solusi pengelolaan bisnis secara keseluruhan termasuk keuangan, penjualan, relasi pelanggan dan operasi.

“Ini jawaban kami untuk memenuhi kebutuhan di pasar UKM di Indonesia.”

Oleh Roni Yunianto
Bisnis Indonesia

http://web.bisnis.com/edisi-cetak/edisi-harian/teknologi-informasi/1id139354.html


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Bookmark and Share

Categories

Archives

GeoCounter

Blog Stats

  • 101,026 hits

Biorhythm Calculator

BIZ information

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 142 other followers

%d bloggers like this: