Home » news » “Ayo Rek… Sedhuluran Sampek Matek… Ha-ha-ha…”

“Ayo Rek… Sedhuluran Sampek Matek… Ha-ha-ha…”

Mbah Surip ‘Tak Gendong’ juga ikut meramaikan acara.

Kamis, 30 Juli 2009 | 11:10 WIB

KOMPAS.com — Ayo rek… sedhuluran sampek matek… ha-ha-ha…. suara Mbah Surip memecah ruang Kafe Planet Hollywood, Jakarta. Pada saat itu sedang berlangsung acara Semanggi Suroboyo 2009 yang bertema “Ngakak Sak Mulese” (Tertawa Sampai Mules) diadakan oleh Surabaya Community, akhir pekan lalu.

Tak lama kemudian, Mbah Surip, sosok yang lagi populer dan fenomenal asal Mojokerto, Jawa Timur, melantunkan lagu “Tak Gendong” diakhiri dengan atraksi terkapar di panggung dalam mengakhiri lagunya, di susul gemuruh tepuk tangan dari sekitar 800 penonton yang notabene mayoritas para warga Jawa Timur, khususnya Surabaya.

Acara tahunan Surabaya Community dalam rangka memperingati hari jadi Kota Pahlawan Surabaya yang ke-719 akhirnya dijadikan ajang temu kangen para warga Surabaya yang berada di Jakarta dan mengubah budaya Kafe Planet Hollywood yang biasanya menyuguhkan menu masakan kelas atas menjadi full masakan Suroboyoan, seperti tahu campur, lontong balap, rujak cingur, soto madura, sate madura, lontong kupang, semanggi, sego goreng abang, tahu petis, dan bebek goreng.

“Acara kali ini memang lebih besar dan semarak serta saya berharap kekompakan ini terus terjaga dalam menjaga dan melestarikan budaya Surabaya. Kami wakil dari Pemda Surabaya akan terus melakukan pembinaan terhadap warganya di Jakarta melalui Surabaya Community,” ujar Arif Afandi, Wakil Wali Kota Surabaya di sela acara tersebut.

Surabaya Community yang didirikan pada 10 November 2006 seperti dipaparkan oleh Rizal Moed’har, sang ketua umum, dengan tujuan adalah untuk menyambung tali silaturahmi, sebagai pusat informasi dan  sumber inspirasi serta solusi dalam rangka menciptakan persaudaraan dan kebersamaan antar masyarakat Surabaya pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. “Ini adalah salah satu program kami di samping ada banyak program lainnya seperti Kajian Kehidupan, bakti sosial, koperasi dan unit usaha lainnya dalam rangka pemberdayaan dan kesejahteraan para anggotanya,” kata Rizal.

Dan memang dalam acara yang dipandu oleh MC kawakan Cak Kucing (SCTV), Cak Suro (Negeri Impian), dan Cak Isa (Democrazi) selain menampilkan komedian dan band asal Surabaya, seperti Srimulat (Kadir, Doyok, Polo, Dudung), Kartolo dkk (maestro ludruk Suroboyo), yang membuat para penontonnya benar-benar ngakak sak mulese dan juga aksi panggung dari lantunan lagu-lagu hit dari band Boomerang, Padi, Pilot, dan Rockafada semakin melengkapi semaraknya acara tersebut yang membuat decak kagum. Acara juga dihadiri oleh mantan Gubernur Jatim Basofi Soedirman, Profesor Remy, Franky Sahilatua, Eko Patrio, Dorce Gamalama, Log Zhelebour, Obby Mesak, H La Nyalla M Mattalitti, H Moed’harsyah, H Yudi, Rony Tanuwijaya, para artis, tokoh, pengusaha, dan seniman.

Mereka membaur menjadi satu tanpa kasta dan status sosial, itulah moto dari Surabaya Community. Sedhuluran sampek matek yang artinya kita bersaudara sampai akhir hayat tanpa memandang ukuran status sosial enggak peduli direktur sampai tukang cukur semua sama dalam Surabaya Community. “Kami bersaudara,” ujar Purwanto, Sekjen Surabaya Community.

“Mudah-mudahan dengan hadirnya Surabaya Community semakin menambah citra positif dari image bonek (bondo nekat) yang cenderung negatif, yang selama ini melekat,” tambah Humas Surabaya Community, Cia Mattalitti. (David Tansen)
sumber: http://oase.kompas.com/read/xml/2009/07/30/11102939/quotayo.rek….sedhuluran.sampek.matek….ha-ha-ha…quot


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Bookmark and Share

Categories

Archives

GeoCounter

Blog Stats

  • 101,160 hits

Biorhythm Calculator

BIZ information

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 142 other followers

%d bloggers like this: