Home » information technology » Notebook Kantoran, Bisa Buat Kerja Kapan dan Dimana Saja

Notebook Kantoran, Bisa Buat Kerja Kapan dan Dimana Saja

| Asnil Bambani Amri | Havid Vebri |
Minggu, 26 Juli 2009

SONY EARNS.jpgINILAH enaknya hidup di zaman yang sudah maju seperti sekarang. Orang bisa ngantor di mana saja selama ada notebook yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Satu generasi lalu boleh jadi hal itu masih sebatas mimpi. Namun, sejalan dengan semakin majunya teknologi informasi, Anda bisa melanjutkan pekerjaan kantor di mana saja, termasuk di rumah sekali pun.

Maka, bekerja di luar kantor mulai menjadi tren selama sepuluh tahun terakhir. Hal ini bisa terwujud karena banyak muncul peralatan kantor yang memudahkan aktivitas semacam itu. Salah satunya adalah notebook kantoran.

Produsen notebook memang cukup gencar melakukan penetrasi pasar. Misalnya, getol meluncurkan notebook kantoran berukuran kecil dan multifungsi. Bahkan, tak jarang mereka membentuk divisi khusus untuk melayani penjualan ke sektor bisnis maupun pemerintah. “Pasarnya sangat bergairah dan diprediksi terus berkembang,” kata Tahir Abdullah, Kepala Unit Bisnis Departemen PC PT Aneka Infokom Tekindo, distributor Toshiba.

Meski gencar meluncurkan produk, umumnya produsen cenderung berhati-hati dalam memproduksi notebook kantoran. Soalnya, produk tersebut harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan kantor.

Misalnya, tidak terlalu fokus mengembangkan perangkat multimedia. Ambil contoh, loudspeaker di notebook untuk kantor biasanya didesain standar, sehingga tidak terlalu berlebihan dalam gaya dan desain.

Lebih kuat, lebih aman

Selain itu, gaya dan model notebook kantoran juga tampil lebih konvensional. Beda dengan komputer jinjing umumnya yang memiliki desain terbaru. “Notebook kantoran itu di desain khusus untuk kerja, tapi bisa juga dipakai untuk keperluan personal,” ujar Shendy Kurniawan, Senior Account Manager PT Robicomp Karya Utama, distributor Dell.

Meski begitu, notebook kantoran memiliki keunggulan dalam hal keamanan, daya tahan, dan kemudahan dalam perawatan. “Soal daya tahan, notebook kantoran lebih unggul, termasuk soal security untuk data,” tutur Yohan Wijaya, Country Business Manager, Commercial Notebook, Personal Systems Group Hewlett-Packard (HP) Indonesia.

Notebook kantoran memang dirancang lebih kuat dan tahan guncangan. Selain itu, memakai magnesium alloy yang lebih keras. “Sehingga aman jika kena tumpahan minuman di keyboard-nya,” kata Shendy.

Sesuai kebutuhan

Keunggulan lainnya, notebook kantor juga lebih hemat energi karena tidak mengonsumsi listrik sebanyak komputer desktop.

Berkat berbagai keunggulan itu, penjualan notebook kantoran terus meningkat dari tahun ke tahun. Tahun lalu, misalnya, penjualan melonjak hingga 40%. “Banyak yang mencari notebook ini karena karyawan bisa menjadi lebih produktif dengan konsep bekerja anytime anywhere. Ini  menguntungkan buat perusahaan,” tutur Tahir.

Saat ini, cukup banyak pilihan notebook kantoran yang beredar di pasar. Karena itu, sebelum membeli, pastikan komputer jinjing itu benar-benar sesuai kebutuhan Anda. Jangan sampai notebook yang kadung dibeli tidak mampu mendukung kinerja Anda, atau di dalam notebook tersebut terkandung banyak fasilitas yang sebetulnya tidak Anda butuhkan.

Nah, setelah mengidentifikasi produk, Anda bisa menghubungi distributor resmi yang tersebar di pusat perbelanjaan.

Cuma, sebelum jadi membeli, Anda tetap harus jeli terhadap berbagai promosi dan program penjualan yang ditawarkan distributor. “Harus diketahui secara jelas berapa lama garansi dan bagaimana perbaikan jika terjadi masalah,” kata Yohan.

Biasanya, notebook berkualitas tinggi memiliki jangka waktu garansi cukup lama. Misalnya, memberikan garansi pemakaian hingga tiga tahun. Tidak hanya itu, produsen juga berani memberikan pelayanan ekstra purna jual. “Kami sudah melakukan ini, misalnya dengan mengadakan hotline room yang siaga untuk dipanggil jika ada masalah,” jelas Shendy.

Tak kalah pentingnya, Anda pun harus memastikan kerjasama bisnis antara produsen notebook dengan distributor. Ini untuk menjaga agar ada jaminan soal ketersediaan layanan, perawatan, dan suku cadang.

Biasanya, kerjasama bisnis itu meliputi kontrak kerjasama jangka panjang untuk pengadaan yang lebih terprogram, termasuk pergantian unit.

Banyak pilihan

Soal harga tentu bervariasi sesuai dengan spesifikasinya.  Misalnya, Dell memilih tidak mematok harga pada setiap notebook kantoran bikinannya. “Yang pasti rata-rata harganya di atas US$ 1.000 per unit,” kata Shendy.

Asal tahu saja, saat ini hampir seluruh produsen terkemuka meramaikan pasar notebook kantoran ini. Selain Dell, produsen laptop lainnya yang membidik pasar ini adalah HP. Notebook kantor buatannya adalah HP EliteBook 6930p.

Notebook ini memiliki produktivitas tinggi karena mampu bertahan dengan baterai selama 24 jam. Produk ini ditawarkan bagi perusahaan yang segmentasinya menengah ke atas.

Produk terbaru HP adalah EliteBook 2530p. Ini adalah HP EliteBook terkecil dan teringan dengan built-in optical drive. “Untuk HP jenis EliteBook ini dijual antara US$ 1.100 sampai US$ 2.000,” ujar Yohan.

Toshiba juga menawarkan banyak pilihan untuk kalangan kantoran maupun pebisnis. Tipe yang paling akrab adalah Toshiba Satellite dan Portege. Tipe Satellite digunakan untuk kantoran di sektor pendidikan,  sedangkan di sektor pemerintahan banyak menggunakan tipe Portege atau Satellite Pro. Kedua produk ini dijual di kisaran US$ 700–US$ 1.500.

Selain itu, Toshiba juga menyediakan notebook untuk pebisnis di industri perkebunan, perminyakan, maupun pertambangan. Biasanya, industri seperti itu membutuhkan notebook tahan banting dan tahan cuaca. Toshiba membanderol notebook besutannya itu di kisaran Rp 10 juta–Rp 18 juta.

Seperti produsen lain, Toshiba pun memasarkan produk dengan cara kredit. Jadi, karyawan perusahaan bisa membawa pulang notebook dengan cara mencicil. “Soal pembiayaan kami bekerjasama dengan perbankan,” kata Tahir.

eof.

sumber: Kontan Online


1 Comment

  1. Toshiba ngeluarin netbook terbaru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Bookmark and Share

Categories

Archives

GeoCounter

Blog Stats

  • 101,026 hits

Biorhythm Calculator

BIZ information

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 142 other followers

%d bloggers like this: