Home » life style » Sport Massage Atasi Otot Kaku

Sport Massage Atasi Otot Kaku

Trend :

Senin, 11 Mei 2009 – 10:03 wib

Share

Foto: Corbis
KALAU badan sudah terasa pegal-pegal, otot kaku atau terkilir, memang paling enak kalau dipijat. Pijatan bisa membuat otot kembali lemas dan daerah kembali lancar. Ada beberapa teknik pijatan. Salah satunya adalah sport massage.

Sport massage adalah salah satu teknik pijat khusus untuk mengatasi berbagai keluhan otot kaku atau terkilir. Sport massage tidak hanya untuk olahragawan, tetapi juga untuk siapa saja yang mengalami cedera otot. Massage ini mempersiapkan otot-otot untuk bekerja lebih baik, menambah tonus otot (otot yang normal), dan menyempurnakan proses pembakaran dan memperlancar peredaran darah.

Massage seperti ini juga menghilangkan atau mengurangi zat-zat pelelah (myoglosis) dan mengembalikan elastisitas atau kekenyalan otot. Pijatan dilakukan di bagian tubuh yang bekerja keras. Fokus pijatan adalah tungkai atas, tungkai bawah, bahu dan tangan kiri kanan.

Sport massage dilakukan pada bagian tubuh yang mengalami tegang otot atau terkilir. Biasanya sebelum ke bagian inti, kita mulai pijatan pada bagian-bagian tertentu yang menyambung ke bagian inti sakit tersebut,” jelas Novi, terapis dari Fontana Sport Massage, Jakarta Selatan, ini.

Frekuensi sport massage disesuaikan dengan kondisi setiap kasus atau keluhan. Sport massage dilakukan 1 1/2 hingga 2 jam. Seluruh badan akan dipijat untuk mengembalikan kondisi otot yang terkilir.

“Rata-rata klien melakukan sport massage 1-2 kali untuk menghilangkan keluhan yang dirasakannya. Batasan usia juga tidak ada. Dari balita hingga manula pun bisa mencobanya,” sambungnya.

Pada awalnya, pelanggannya kebanyakan atlet. Tapi kini semua orang bisa datang.

“Karena di sini ada klub golf, kebanyakan klien juga pemain golf. Biasanya mereka mengeluhkan kaku otot pada pundak, belikat, dan pinggang,” ujarnya.

Teknik sport massage ini tidaklah sulit. Hanya dengan jari-jari tangan. Proses pemijatan dimulai dengan mencari titik saraf yang bermasalah atau yang dikeluhkan klien. Anggota tubuh yang akan dipijat dilemaskan terlebih dahulu, baru kemudian dipijat.

Untuk gangguan kaku otot di kaki dan engkel, seperti terkilir setelah bermain bola, telapak kaki diurut terlebih dahulu. Setelah itu betis, paha, dan tulang ekor.

Setelah itu, bagian tubuh lain yang kaku dipijat. Untuk mengatasi otot punggung yang kaku, terapis terlebih dahulu melancarkan sistem peredaran darah dengan memutar-mutarkan jarinya di atas punggung dari atas ke bawah, dari pinggir kiri ke kanan.

“Bila membungkuk atau menggerakkan pinggang rasanya sakit sekali, pasien mulai dipijat dengan mengusapkan minyak dari mulai kaki hingga area pinggang dan punggung. Selanjutnya jari-jemarinya melakukan gerakan memutar dan menekan-nekan,” jelasnya.(Genie/Genie/nsa)

sumber: http://lifestyle.okezone.com/read/2009/05/11/29/218399/atasi-otot-kaku-dengan-sport-massage


4 Comments

  1. GPU = Gosok Pijat Urut…

  2. dyah says:

    nanya dong…di mana tempat pijat sport di jakarta? ada ga yang di sekitar sudirman ?

    • Fontana says:

      Mba Dyah…Ada. Sekarang Fontana Sport Massage & Reflexology, buka di Gedung Bursa Efek Jakarta. DI Tower 1, Lantai 1, Suite 130. Jl. Jend. Sudriman Kav. 52 -53, Jakarta. Telp. 021 5153765, 021 92247069

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Bookmark and Share

Categories

Archives

GeoCounter

Blog Stats

  • 101,138 hits

Biorhythm Calculator

BIZ information

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 142 other followers

%d bloggers like this: