Home » counseling » Observasi Multiple Intelligence

Observasi Multiple Intelligence

Oleh: Charlotte Priatna, SPd

B erikan tanda (V) jika sesuai atau tampak berlaku pada anak Anda dalam penjabaran ini dan tambahkanlah kemampuan serta kelemahan lainnya yang nampak dalam delapan variasi kecerdasan di bawah ini. Hindarilah godaan untuk mengkategorikan anak Anda ke dalam salah satu kategori karena sesungguhnya setiap anak memiliki 8 jenis kecerdasan tersebut, hanya saja penekanannya berbeda-beda.

Kecerdasan Linguistik
[   ] Suka menulis kreatif di rumah
[   ] Sangal hafal nama, tempat, tanggal, atau hal-hal kecil
[   ] Mengarang kisah khayal atau menuturkan lelucon dan cerita
[   ] Menikmati membaca buku di waktu senggang
[   ] Mengeja kata-kata dengan tepat dan mudah
[   ] Menyukai pantun lucu dan permainan kata
[   ] Suka mengisi teka-teki silang atau melakukan permainan seperti Scrabble
[   ] Menikmati mendengarkan kata-kata lisan (cerita, program radio, pembacaan buku, dan sebagainya)
[   ] Mempunyai kosakata yang luas untuk anak seusianya
[   ] Unggul dalam pelajaran sekolah yang melibatkan membaca dan / atau menulis

Kemampuan linguistik lain yang dimiliki anak Anda:


Kecerdasan Logis-Matematis
[   ] Menghitung problem aritmatika dengan cepat di luar kepala
[   ] Menikmati menggunakan bahasa komputer atau program software logika
[   ] Mengajukan pertanyaan seperti “Mengapa langit biru?”
[   ] Ahli bermain catur, dam, atau permainan strategi lain
[   ] Menjelaskan masalah secara logis
[   ] Merancang eksperimen untuk menguji hal-hal yang tidak dimengerti
[   ] Menghabiskan banyak waktu untuk memainkan teka-teki logika seperti kubus rubik atau permainan logika
[   ] Suka menyusun dalam kategori atau hierarki
[   ] Mudah memahami sebab dan akibat
[   ] Menikmati pelajaran matematika dan sains dan berprestasi tinggi

Kemampuan logis-matematis lain yang dimiliki anak Anda:


Kecerdasan Spasial
[   ] Menonjol dalam kelas seni di sekolah
[   ] Memberikan gambaran visual yang jelas ketika sedang memikirkan sesuatu
[   ] Mudah membaca peta, grafik, dan diagram
[   ] Menggambar sosok orang atau benda yang persis aslinya
[   ] Senang melihat film, slide atau foto
[   ] Menikmati melakukan teka-teki jigsaw, maze, atau kegiatan visual lain
[   ] Sering melamun
[   ] Membangun konstruksi tiga dimensi yang menarik (contoh: bangunan lego)
[   ] Mencoret-coret di atas secarik kertas atau di buku tugas sekolah
[   ] Lebih banyak memahami lewat gambar daripada lewat kata-kata ketika sedang membaca

Kemampuan spasial lain yang dimiliki anak Anda:


Kecerdasan Kinestetik-Jasmani
[   ] Berprestasi dalam olahraga kompetitif di sekolah atau di lingkungan permukiman
[   ] Bergerak-gerak ketika sedang duduk
[   ] Terlibat dalam kegiatan fisik seperti berenang, bersepeda, hiking, atau bermain skateboard
[   ] Perlu menyentuh sesuatu yang ingin dipelajari
[   ] Menikmati melompat, lari, gulat, atau kegiatan serupa (jika berusia lebih tua, mungkin menunjukkan kecenderungan ini dengan cara yang lebih tersamar)
[   ] Memperlihatkan ketrampilan dalam bidang kerajinan tangan seperti kerajinan kayu, menjahit, mengukir, atau memahat
[   ] Pandai menirukan gerakan, kebiasaan, atau perilaku orang lain
[   ] Menikmati bekerja dengan tanah liat, melukis dengan jari, atau kegiatan “kotor” lain
[   ] Sangat suka membongkar berbagai benda dan kemudian menyusunnya lagi

Kemampuan kinestetik-jasmani lain yang dimiliki anak Anda:


Kecerdasan Musikal
[   ] Memainkan alat musik di rumah atau di sekolah, sebagai anggota band atau orkes
[   ] Ingat melodi lagu
[   ] Berprestasi sangat bagus di kelas musik di sekolah
[   ] Lebih bisa belajar dengan iringan musik
[   ] Mengoleksi CD atau kaset
[   ] Bernyanyi untuk diri sendiri atau untuk orang lain
[   ] Bisa mengikuti irama musik
[   ] Mempunyai suara yang bagus untuk bernyanyi
[   ] Peka terhadap suara-suara di lingkungannya
[   ] Memberikan reaksi yang kuat terhadap berbagai jenis musik

Kemampuan musik lain yang dimiliki anak Anda:


Kecerdasan Antarpribadi
[   ] Mempunyai banyak teman
[   ] Banyak bersosialisasi di sekolah atau di lingkungan tempat tinggal
[   ] Tampak sangat mengenal lingkungannya
[   ] Terlibat dalam kegiatan kelompok di luar jam sekolah
[   ] Berperan sebagai “penengah keluarga” ketika terjadi pertikaian
[   ] Menikmati permainan kelompok
[   ] Berempati besar terhadap perasaan orang lain
[   ] Dicari sebagai “penasihat” atau “pemecah masalah” oleh teman-temannya
[   ] Menikmati mengajar orang lain
[   ] Tampak mempunyai bakat pemimpin

Kemampuan antarpribadi lain yang dimiliki anak Anda:


Kecerdasan Intrapribadi
[   ] Memperlihatkan sikap independen atau kemampuan yang kuat
[   ] Bersikap realistis terhadap kekuatan dan kelemahannya
[   ] Memberikan reaksi keras ketika membahas topik-topik kontroversial
[   ] Bekerja atau belajar dengan baik seorang diri
[   ] Mempunyai rasa percaya diri
[   ] Mempunyai pandangan hidup yang lain dari pandangan umum
[   ] Belajar dari kesalahan masa lalu
[   ] Dengan tepat mengekspresikan perasaannya
[   ] Terarah pada pencapaian tujuan
[   ] Terlibat dalam hobi atau proyek yang dikerjakan sendiri

Kemampuan intrapribadi lain yang dimiliki anak Anda:


Kecerdasan Naturalis
[   ] Akrab dengan hewan peliharaan
[   ] Menikmati berjalan-jalan di alam terbuka atau ke kebun binatang
[   ] Menunjukkan kepekaan terhadap bentuk-bentuk alam (misalnya, gunung, awan, atau, jika berada di lingkungan kota, mereka mungkin memperlihatkan kemampuan ini dalam kepekaan terhadap “bentuk-bentuk” budaya populer seperti misalnya sampel CD, model mobil, dan sebagainya)
[   ] Suka berkebun atau berada dekat kebun
[   ] Menghabiskan waktu dekat akuarium, terarium, atau sistem kehidupan alam lain
[   ] Yakin bahwa binatang mempunyai hak sendiri
[   ] Mencatat fenomena alam yang melibatkan hewan, tanaman, dan hal-hal sejenis (misalnya, mempunyai foto, buku harian, gambar koleksi, dan sebagainya)
[   ] Membawa pulang serangga, bunga, daun, atau benda-benda alam lain untuk diperlihatkan kepada anggota keluarga
[   ] Memperlihatkan pemahaman yang mendalam di sekolah dalam topik-topik yang melibatkan sistem kehidupan (misalnya, topik biologi, topik lingkungan hidup dalam mata pelajaran sains, dan sebagainya)

Kemampuan naturalis lain yang dimiliki anak Anda:


Halaman Artikel:
Multiple Intelligence
Lembar Test:
Test Multiple Intelligence


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Bookmark and Share

Categories

Archives

GeoCounter

Blog Stats

  • 101,160 hits

Biorhythm Calculator

BIZ information

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 142 other followers

%d bloggers like this: