Home » human capital » PHK GOOGLE

PHK GOOGLE

Jumat, 27 Maret 2009 | 13:30

SAN FRANCISCO. Google Inc akhirnya tak kuat juga menahan gempuran krisis global. Perusahaan mesin pencari internet terbesar dunia itu memutuskan untuk merumahkan sekitar 200 pekerjanya. Hal ini menandakan, meskipun perusahaan mampu mempertahankan labanya, namun, Google tak kuasa untuk melakukan penghematan akibat krisis.

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan yang diumumkan pada Selasa (24/3) lalu itu berdampak pada 1% dari total 20.200 pekerja Google. Jumlah tersebut masih terbilang kecil jika dibandingkan dengan pemangkasan karyawan di industri lain mulai dari industri koran, ritel, otomotif dan jasa finansial dalam setahun belakangan.

Divisi housecleaning Google memang tengah menghadapi cobaan berat tahun ini. Meski berhasil membukukan pendapatan total US$ 22 miliar, Google masih tetap berusaha untuk melakukan penghematan untuk melindungi profit marginnya dan mencegah harga sahamnya anjlok lebih tajam lagi.

Keberuntungan Google saat ini memang terganjal akibat semakin melorotnya tingkat pemasangan iklan. Pasalnya, banyak perusahaan dan konsumen mengurangi pengeluaran dana untuk promosi.

Sejumlah analis menilai, meskipun Google mampu memperoleh kenaikan pendapatan dalam 15 bulan terakhir, namun pada akhirnya, perusahaan ini juga akan mengalami kerugian kuartalan pertamanya sejak menjadi perusahaan terbuka di tahun 2004.

Manajemen Google juga sudah mulai mengerem menyewa tenaga kerja baru. Nah, PHK karyawan kali ini lebih terkonsentrasi pada divisi penjualan iklan Google.

Dalam pernyataannya yang di-posting di blog, Google menjelaskan belakangan pihaknya terlalu banyak menerima tenaga kerja baru di posisi yang sama selama ekspansi.

“Melakukan perubahan ini bukan hal yang mudah dan kami melihat terjadinya resesi menjadikan hal ini menjadi lebih sulit lagi,” tulis Omid Kordestani, Senior Vice President of Global Sales and Business Development Google.

Adanya rencana ini membuat saham Google mengalami kenaikan sebesar US$ 9,22 atau 2,7% menjadi US$ 353,29 pada Selasa kemarin.

Kontan Online: by Barratut Taqiyyah AP

1 Comment

  1. chrisgallery says:

    kapan nich merambah perusahaan kita…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Bookmark and Share

Categories

Archives

GeoCounter

Blog Stats

  • 101,138 hits

Biorhythm Calculator

BIZ information

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 142 other followers

%d bloggers like this: