Home » information technology » Dell Inspiron Mini 9, Mungil nan Cantik

Dell Inspiron Mini 9, Mungil nan Cantik

Kompas.com Selasa, 24 Februari 2009 | 16:19 WIB

Fisiknya cantik. Hitam mengilat di bagian luar, yang sayangnya mudah mengumpulkan sidik jari dan noda. Bagian dalam dibingkai oleh warna silver, dengan warna hitam mengelilingi layar LCD 8,9” dan juga panel keyboard. Tidak tampak Webcam pada unit uji kami; tetapi WebCam 1,3 megapixel ada pada unit yang dijual di pasar.

Saat dipegang, Dell Inspiron Mini 9 terasa kokoh. Namun bobotnya tidak keluar dari pakem netbook. Berikut batere, bobotnya hanya 1,1kg. Jika adaptornya yang menyatu dengan kabel dan bentuknya mirip adaptor ponsel itu dibawa, berarti ada tambahan 176 gram. Ditambah colokan ekstra karena adaptor ini berkaki-dua yang pipih, berarti total kita akan membawa 1,328kg saat berpergian. Masih cukup ringan bukan?

Terlihat Bersih

Mari kita buka netbook ini. Hmm, tampilannya bersih. Hanya ada dua LED indikator di sisi kiri bawah panel keyboard: yang paling ujung dan memancarkan warna putih terang menunjukkan status notebook (on/off). Di sebelahnya status batere (pada unit uji kami LED tidak menyala).

Sebuah tombol on/off berbentuk bujur sangkar hadir di sisi kiri atas panel keyboard. Jauh di ujung kanan tampak tulisan “mini”. Tak ada stiker apa pun, termasuk stiker Intel Atom, di daerah panel keyboard. Mungkin karena unit yang kami pegang ini adalah unit uji, bukan unit yang dijual.

Touchpad Maknyus

Palmrest-nya terasa licin mulus di tangan. Touchpad Synaptic-nya pun menggelincir mulus. Dua tombol touchpad tepat di bawah touchpad yang berwarna silver terasa maknyus, sangat empuk ditekan. Benar-benar nyaman.

Tombol keyboard-nya cukup empuk, kendati tetap mengeluarkan bunyi agak berisik saat ditekan. Tombol-tombol pada keyboard terkesan lebar, kendati layar Mini 9 ini 8,9” dan fisik netbook tidak lebih dari seukuran buku agenda. Ketika kami bandingkan dengan salah satu netbook merek regional yang berukuran 10”, jarak per dua tombol sama besarnya. Namun tentu luasan totalnya jauh lebih kecil.

Memang harus dikorbankan di sini. Tombol Tabs dan Caps Lock tampak lebih sempit di Mini 9. Mini 9 juga tidak menampilkan deretan tombol F1-F10 seperti biasa. F11 dan F12 bahkan absen. Tombol F1-F10 ditempatkan ke bagian tengah keyboard, tandem dengan huruf A sampai tombol : (titik dua), yang diaktifkan dengan menekan Fn. Mulanya ini terasa aneh, tetapi lama-kelamaan justru menyenangkan karena jari-jemari tidak perlu menggapai terlalu jauh lagi.

Layar Mengilap

Layar Mini 9 mengilap. Tampilan terlihat berkontras baik dengan warna-warna tampak cemerlang. Namun mengilapnya layar berimbas pada adanya pantulan. Untunglah efek pantulan ini tidak terlalu mengganggu. Sudut pandang horisontal di layar ini baik. Sudut pandang vertikalnya juga bisa diterima. Sayangnya, tingkat kecerahan LCD Mini 9 belum memadai untuk diajak bermain di bahwa cahaya langsung matahari.

Tepat di bawah layar, dekat engsel, hadir dua speaker yang diapit oleh logo tulisan DELL. Speaker-nya ternyata lumayan bagus untuk ukuran netbook 8,9”.

Padat di Kiri dan Kanan

Kedua sisi netbook ini ramai dengan port. Mari kita lihat sisi kirinya lebih dulu. Di sisi ini – mulai dari arah belakang ke depan – ada masing-masing lubang untuk security lock, sebuah jack DC-in, dua port USB, dan 3-in-1 card reader yang bisa menerima kartu tipe SD/MS/MS Pro/MMC. Card reader menggunakan tipe pegas untuk mengeluarkan kartu yang disisipkan. Jika kartu SD didorong masuk, seluruh badannya akan tertelan dalam slot.

Mari kita beralih ke sisi kanan. Di sini tampak – urut dari belakang – jack LAN (RJ-45), port VGA-out, satu port USB, lubang ventilasi, dan jack mikropon dan jack headphone.

Tidak ada apa pun di bagian depan maupun belakang unit. Di bagian belakang cuma ada batere. Namun coba lepaskan batere. Nah di belakang lokasi batere ini tampak slot SIMcard. Ya, netbook ini sebenarnya bisa diajak ber-Internet melalui HSPA. Tinggal colok kartu SIM Anda ke slot dan aktifkan program yang tersedia di CD bawaannya. Setelah melakukan beberapa setting, Anda akan dapat ber-Internet nirkabel via GPRS atau 3G.

Tanpa OS

Unit yang dipinjamkan oleh Dell Indonesia ini memang datang ke tempat kami tanpa OS. Driver pun belum terpasang. Maka kami pun memasangkan sistem operasi Windows XP SP2 dan juga driver ke sini.

Prosesnya agak rumit. Bukan karena tidak tersedianya CD drive – yang memang selalu absen dari netbook – melainkan karena kapasitas SSD pada Mini 9 ini hanya 8GB. Kapasitas ini tergolong minim. Driver pun – karena dikemaskan dalam sebuah USB flash disk dalam bentuk ZIP – harus dipasang satu per satu yang cukup memakan waktu. Setelah semua terpasang, booting ke Windows XP tuntas diselesaikan dalam tempo 32 detik.

Belakangan, kami dikirimi unit baru – dilengkapi Webcam 1,3 megapixel di panel atas LCD – yang sudah dipasangi sistem operasi Windows XP SP3. Instalasi driver lebih mudah dilakukan, karena kami juga dipinjami sebuah CD drive eksternal berkoneksi USB.

O ya, netbook ini sudah dilengkapi fitur nirkabel: Bluetooth dan Wi-Fi. Dell bahkan menyertakan program yang memberikan tampilan visual tentang koneksi nirkabel mana yang hendak diaktifkan (Bluetooth, Wi-Fi, Bluetooth dan Wi-Fi, atau nonaktifkan).

Masih Boleh Dipangku

Beberapa netbook berbasis Intel Atom yang pernah kami coba umumnya kurang nyaman atau bahkan sama sekali tidak disarankan untuk dipangku. Sebab panas yang dihasilkan cukup menyengat.

Mini 9 ini pun mengeluarkan panas. Namun netbook ini masih cukup nyaman dipangku. Bukan hanya karena enteng, tetapi karena panas di bagian bawah unit masih bisa ditoleransi. Yang terasa lebih menyengat panasnya justru adalah bagian palmrest.

Batere

Dalam pengujian dengan menggunakan software, kami mencatat daya tahan batere yang cukup baik untuk ukuran batere berkapasitas hanya 2200mAh. Biasanya batere dengan kapasitas itu bertahan sekitar 2 jam. Mini 9 ini bertahan sedikit lebih panjang: 2 jam 45 menit (Battery Eater 05). Jika digunakan untuk menonton video high definition nonstop, kita bisa menikmati film dengan durasi 2 jam 40 menit.

Cuma yang perlu diingat, batere Mini 9 ini sudah 4-cell. Artinya, daya tahannya seharusnya lebih dari 2 jam. Namun mungkin kapasitasnya yang 2200mAh itu menyebabkan daya cepat tersedot habis. Batere Li-Ion ini membutuhkan waktu yang nyaris sama dengan masa pakainya untuk diisi penuh. Saat kami coba, batere kembali terisi penuh setelah 2 jam 24 menit.

***

Dell Inspiron Mini 9 ini cocok bagi mereka yang mendambakan sebuah netbook yang ringan untuk dibawa-bawa ke mana saja, tetapi tampil gaya. Ketika slot SIMcard dan fitur nirkabelnya berfungsi baik, bekerja di netbook mungil ini memang menyenangkan.

PLUS: Layar tajam; touchpad empuk; slot SIMcard; mungil dan enteng.

MINUS: Storage hanya 8GB; palmrest panas.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja: 4
Fasilitas: 4
Penggunaan: 4,1
Harga: 4
SKOR TOTAL: 4,02

Hasil Uji
Jika dibandingkan BenQ JoyBook U101-LE04 yang juga mengemaskan slot SIMCard, kinerja Dell Inspiron Mini 9 agak tertinggal. Padahal Mini 9 mengemaskan RAM 1GB, atau dua kali lipat milik BenQ yang hanya 512MB.

Dari sisi daya tahan batere, Mini 9 lebih unggul dibandingkan BenQ JoyBook U101-LE04. Namun ini bisa dikarenakan layar Mini 9 yang 8,9″ jauh lebih sempit  dibandingkan m ilik Joybook U101-LE04 yang 10,1”.

Dari sisi spesifikasi lain, keduanya nyaris setara: sama-sama menggunakan Intel Atom N270 1,6GHz, chipset Mobile Intel GMA945 Express, dan sistem Windows XP SP2 saat diuji

Dell Inspiron Mini 9 vs. BenQ JoyBook U101-LE04
Kinerja
Cinebench R10: 762 CB-CPU vs. 822 CB-CPU/19 menit 20 detik vs. 17 menit 56 detik
Encoding Video: 1 jam 26 menit 30 detik vs. 57 menit 24 detik
Encoding Audio: 14 menit 26 detik vs. 15 menit 55 detik
Daya Tahan Batere
Memutar HD Video: 2 jam 40 detik 30 detik vs. 1 jam 52 detik
Battery Eater 05: 2 jam 45 menit 31 detik vs. 1 jam 50 menit 5 detik

SPESIFIKASI Dell Inspiron Mini 9
Prosesor : Intel Atom N270 1,6GHz
RAM : DDR2 533 1GB (maksimal 1GB)
Chipset : Intel GMA950
Kartu grafis : Mobile Intel GMA945 Express
Kartu Suara : Realtek ALC268
Harddisk : SSD miniPCI 8GB
Optical drive : –
Fasilitas : LAN, Wi-Fi 802.11 b/g, Bluetooth, 4-in-1 card reader, 3 USB, port VGA, jack mike, jack headhone
Layar : 8,9″ LED 1024×600 pixel
Sistem Operasi : Windows XP Home Edition
Batere : Li-Ion 14,8V 2200mAh
Dimensi : 23,2×17,4x(2,8 – 3,5) cm
Bobot (termasuk batere 4-cell): 1,1kg
Garansi : 1 tahun (batere, suku cadang, ongkos)
Situs Web : http://www.dell.com/ap
Harga kisaran*: US$ 799

*Dell Online, http://www.dell.com/ap

Wiwiek Juwono


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Bookmark and Share

Categories

Archives

GeoCounter

Blog Stats

  • 101,026 hits

Biorhythm Calculator

BIZ information

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 142 other followers

%d bloggers like this: