Home » financial » Mengenal Beta

Mengenal Beta

Kontan Online: Kamis, 26 Juni 2008 | 17:14

Siapa pun pasti sepakat bahwa berinvestasi di saham bukan merupakan hal yang mudah. Selain butuh dana besar, instrumen investasi yang satu ini bisa bikin jantung deg-degan. Pasalnya, harga saham memiliki tingkat fluktuasi yang sangat tinggi. Tapi, jangan takut dulu. Investor sebenarnya memiliki satu instrumen yang bisa membantu mengukur tingkat risiko investasinya. Namanya adalah beta.

Khalayak awam mungkin asing dengan istilah yang satu ini. Maklum, beta memang merupakan hasil dari hitungan analisis regresi yang cukup rumit. Dus, hitungan yang satu ini lazimnya hanya dikuasai oleh para analis-analis saham.

Meski demikian, seorang investor perlu memahami beta. Sebab, beta bisa membantu investor untuk memilih saham yang sesuai dengan profil risikonya.Secara sederhana, angka beta menunjukkan korelasi antara pergerakan harga satu saham dengan pergerakan pasar secara keseluruhan. Ukuran pergerakan pasar di sini adalah indeks. Jadi, di Indonesia, kita menggunakan acuan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Bila beta suatu saham adalah 1, artinya harga saham itu bergerak sama persis dengan pergerakan IHSG. Jika IHSG naik 10%, harga saham itu juga akan naik 10%. Sebaliknya, jika indeks turun 10%, harganya juga turun 10%.

Sementara, bila beta suatu saham di bawah 1, berarti fluktuasi harga saham itu lebih rendah dibanding dengan fluktuasi IHSG.
Kondisi sebaliknya berlaku bila beta suatu saham di atas 1. Contoh konkretnya, kalau suatu saham memiliki beta 1,2, berarti tingkat fluktuasinya 20% di atas indeks. Bila IHSG naik 10%, harganya bisa naik 12%. Tapi, risiko saham seperti ini juga tinggi. Sebab harganya juga bisa turun lebih dalam dibandingkan penurunan IHSG.

Berdasarkan data Bloomberg, saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk memiliki Beta 1,1 dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) 1,29. Sementara, yang beta-nya di bawah 1 misalnya saham PT Bumi Resources Tbk (0,89) dan PT Unilever Indonesia Tbk (0,83). Untuk mengetahui beta saham-saham yang ada di BEJ, Anda bisa menghubungi broker Anda.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Bookmark and Share

Categories

Archives

GeoCounter

Blog Stats

  • 101,026 hits

Biorhythm Calculator

BIZ information

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 142 other followers

%d bloggers like this: