Home » investment » Rumah Sebagai Pos Pengeluaran (2)

Rumah Sebagai Pos Pengeluaran (2)

Selasa, 7 Oktober 2008 | 09:20 WIB

Sesuaikan dengan Anggaran Keuangan

Bank—selaku pemberi KPR—umumnya mensyaratkan jumlah cicilan tidak lebih dari 30 persen dari penghasilan Anda. Jumlah cicilan sebagai pengeluaran ini sifatnya tetap (dengan asumsi bunga KPR tetap) sampai cicilan tersebut lunas.
Bagaimana bila dengan anggaran sebesar itu, Anda tidak dapat memperoleh rumah yang memenuhi kebutuhan dan sesuai selera? Sebaiknya bersabarlah dan bekerjalah lebih keras agar penghasilan Anda meningkat. Setelah penghasilan naik barulah Anda bisa meningkatkan kualitas rumah Anda. Memaksakan diri membuat pengeluaran untuk rumah lebih besar dari yang selayaknya, dapat berakibat serius. Hal ini karena pengeluaran untuk rumah mempengaruhi anggaran untuk keperluan lain. Kalau pengeluaran Anda untuk rumah lebih dari 30%, maka bisa dikatakan bahwa Anda hidup mewah.
Jika Anda tidak mampu menekan pengeluaran yang lain, maka pengeluaran untuk rumah yang dipaksakan dapat memperburuk kesehatan keuangan Anda. Membeli rumah dengan fasilitas KPR, dapat menambah alokasi anggaran untuk rumah menjadi besar, sehingga mempengaruhi kemampuan Anda untuk membayar cicilan KPR. Seperti terjadi selama krisis moneter, puluhan ribu debitur KPR tidak mampu memenuhi cicilannya dan terpaksa menjual kembali rumahnya beberapa tahun setelah pembelian. Mereka rugi karena kenaikan harga rumah belum menutupi biaya yang dikeluarkan untuk membeli rumah tersebut.
Banyak kasus menunjukkan bahwa calon pembeli rumah didorong oleh pengembang atau bank untuk membeli rumah di luar kemampuan mereka. Akibatnya, rumah yang mereka beli berubah menjadi beban finansial. Hal ini terlihat misalnya dari berita bahwa pada akhir Desember 1997 ada sekitar 30.000 debitur KPR BTN menunggak cicilan. Jumlah penunggak KPR tentu lebih banyak lagi kalau ditambah dengan debitur KPR di bank-bank lain. Berita tersebut menunjukkan bahwa pembeli rumah tidak mempunyai dana cadangan yang memadai sehingga dalam hitungan bulan, mereka sudah menunggak cicilan.
Memanfaatkan Dana Cadangan
Apabila Anda sudah mengambil cicilan KPR, maka usahakan untuk membuat dana cadangan. Walaupun nilainya kecil, usahakan setiap bulan menyisihkan penghasilan untuk dimasukkan ke dalam dana cadangan.
Dana ini berfungsi sebagai “ban serep” kalau ada kesulitan ekonomi, kebutuhan mendadak, atau menghadapi masa-masa sulit lainnya. Tanpa dana cadangan ini kesulitan ekonomi yang sifatnya temporer bisa berkembang menjadi masalah besar. Dengan membuat pengeluaran untuk rumah tidak terlalu tinggi, Anda bisa menikmati beberapa manfaat. Antara lain Anda bisa menyisihkan dana cadangan lebih banyak. Tanpa membuat simpanan cadangan Anda telah memilih gaya hidup tinggi. Padahal, sekali individu atau rumah tangga terbiasa dengan standar hidup dan pola konsumsi, akan sulit baginya untuk menurunkan standar dan mengubah pola.
Agar Mudah Mengalokasikan Pendapatan
1.Catat pengeluran setiap periode. Jumlah yang dibelanjakan periode sebelumnya merupakan indikasi pengeluaran bulan berikutnya. Gunakan catatan ini sebagai acuan untuk membuat rencana anggaran.
2.Periode anggaran disesuaikan dengan periode penerimaan gaji. Kalau Anda dibayar per minggu, buat rencana anggaran mingguan.
3.Ingatlah tujuan jangka panjang. Alokasikan terlebih dulu pendapatan yang siap dibelanjakan (disposable income) untuk memenuhi kebutuhan pokok, seperti pangan, sandang, dan papan. Di luar itu, pengeluaran yang lain adalah masalah pilihan. Anda dapat menyimpan sisa pengeluaran sebagai dana cadangan.
(Jaka E. Cahyono – wartawan dan penulis buku/www.tabloidrumah.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Bookmark and Share

Categories

Archives

GeoCounter

Blog Stats

  • 101,026 hits

Biorhythm Calculator

BIZ information

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 142 other followers

%d bloggers like this: