Home » financial » Axioma #1: The Risk-Return Trade Off

Axioma #1: The Risk-Return Trade Off

Axioma #1: The Risk-Return Trade off (We won’t take on additional risk unless we expect to be compensated with additional return). Kurang lebihnya begini; bahwa kita tidak akan mengambil tambahan risiko kecuali jika kita mengharapkan compensasi dengan tambahan keuntungan.

Apalagi kalau kita mendengar atau membaca “High Return – High Risk”, kita sudah males duluan. Binatang apa ini. Tetapi secara tidak sadar kita sebenarnya sudah seringkali menerapkan istilah-istilah itu sehari-hari. Ini hanya sebuah istilah di textbook yang artinya kurang lebih bahwa sesuatu investasi yang mendatangkan keuntungan besar, akan cenderung mempunyai dampak / risiko yang besar pula.

Untuk menghilangkan risk sama sekali juga sulit. Yang bisa kita lakukan paling tidak adalah dengan mengurangi risk yang akan timbul sebagai dampak dari investasi tersebut. Menurut saya ini adalah seni, seni dalam arti mengatur jangan sampai risknya bisa melampaui yang diharapkan. Lebih bagus apabila risknya dapat ditekan sampai pada titik terendah.

Masih ingat kita dengan kasus QSAR ?!

Ini salah satu contoh kasus yang pernah menimpa banyak investor. Memang dilihat dari penawaran yang diberikan QSAR ke investor akan membuat semakin bernafsu untuk berinvestasi. Tetapi alhasil, hampir semua dana yang diinvestasikan ke sana ludes. (Ceritanya tidak perlu diperpanjang lagi…)

Berkaca dari kondisi dan peristiwa semacam itu, kita bisa menengok case yang saat ini sedang melanda badan usaha di tempat kerja kita. Investasi itu menurut saya memang harus dilakukan, tetapi managing risk-nya juga perlu. Tidak bisa berjalan hanya investasinya saja.

Yang perlu dicermati lagi bahwa dengan kondisi ketakutan akan timbulnya risk dan cara me-manage-nya, tidak pernah dilakukan investasi sama sekali. Justru ini salah besar…

Pada saat kita tidak melakukan investasi dimana peluang sudah terbuka, secepat itu juga akan banyak pelaku-pelaku bisnis yang kan mengambil alih peran kita. Saat kita sadar dan terbangun, apa yang terjadi? Kita sudah ditinggal jauh para pesaing kita… Dan semakin jauh lagi…

Apa kondisi ini yang kita harapkan?!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Bookmark and Share

Categories

Archives

GeoCounter

Blog Stats

  • 101,138 hits

Biorhythm Calculator

BIZ information

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 142 other followers

%d bloggers like this: