Home » human capital » Masalah Motivasi Karyawan

Masalah Motivasi Karyawan

Setelah kemarin kita berbicara masalah gaji, memang akhirnya bisa merembet kemana saja. Salah satunya adalah masalah motivasi karyawan paska perubahan gaji. Pertanyaannya adalah:

1. Apakah setelah diberikan kenaikan gaji, motivasi karyawan secara langsung dapat berubah?

Jawaban untuk pertanyaan ini adalah:
Melihat dari sifatnya, seseorang akan dapat berubah sementara, tetapi tidak untuk seterusnya. Karena sudah kodratnya bahwa setiap satu kebutuhan terpenuhi, akan muncul kebutuhan berikutnya. Motivasi yang ditimbulkan ada 2 macam, motivasi positif: yaitu mereka akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan berikutnya dan secara otomatis mencari cara yang inovatif untuk berkembang, sedangkan motivasi negatif: bahwa mereka merasa sudah cukup berusaha tetapi hanya mendapatkan sebagian kecil dari yang diharapkannya.
Dampak dari motivasi ini akhirnya juga akan berbeda. Yang pertama akan bergerak lebih agresif dan inovatif sedangkan untuk yang kedua akan semakin demotivasi, kurang semangat, cepat mengeluh dan kadang melakukan hal-hal yang kurang pada tempatnya.

2. Apakah yang diinginkan karyawan semata-mata hanya kenaikan gaji?

Karyawan sebenarnya tidak melulu hanya minta diberikan kenaikan gaji, tetapi lebih kepada kelayakan penghasilan yang diterima dibandingkan dengan kebutuhan dasar yang harus mereka penuhi. Gaji merupakan salah satu remunerasi yang diberikan oleh pemberi kerja kepada karyawan selaku pelaksana kerja.
Disadari atau tidak, pemberian insentif dan adanya pengakuan dari pemberi kerja juga ikut andil dalam memberikan motivasi kepada karyawan. Insentif sendiri bisa bersifat natura ataupun pemberian tambahan gaji yang diterima, dan pengakuan dari pemberi kerja dapat dimaksudkan sebagai pemberian fasilitas natura karena posisinya.
Selain itu karyawan juga membutuhkan refreshing, butuh silaturahmi antar keluarga sesama karyawan agar apabila ketemu di suatu tempat masih dapat saling kenal, dan banyak lagi…

3. Kenapa setelah adanya perubahan gaji, motivasi karyawan tidak berubah?

Jawabannya seperti pada pertanyaan pertama. Motivasi karyawan tidak berubah lebih dikarenakan karyawan tersebut lebih memilih sedikit bekerja dan berusaha, tetapi minta diberikan imbalan / balas jasa yang lebih dari yang diharapkan.

4. Apakah masalah motivasi ini hanya didominasi oleh karyawan?

Jawabnya: tidak selalu benar !!!
Siapapun orangnya bisa mengalami hal serupa. Bisa seorang direktur, manajer ataupun karyawan biasa-biasa saja. Kita bisa lihat di lingkungan sekitar kita. Jangan-jangan kita merupakan salah satu orang yang kurang bermotivasi? Tapi yang jelas bahwa siapapun mempunyai masa-masa tidak termotivasi atau bahkan tidak ada mood sama sekali untuk mengerjakan sesuatu…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Bookmark and Share

Categories

Archives

GeoCounter

Blog Stats

  • 101,160 hits

Biorhythm Calculator

BIZ information

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 142 other followers

%d bloggers like this: